Tahukah Anda? Pentingnya Menggunakan Sabuk Pengaman Saat Berkendara
Kamis, 17 Oktober 2024 11:39 WIB

Sering kali kecelakaan fatal terjadi karena tubuh terlempar atau mengalami benturan saat insiden berlangsung. Secara umum, sabuk pengaman berfungsi melindungi dan menahan penumpang di dalam kendaraan agar tidak bergerak mendadak atau terlempar saat kecelakaan terjadi.

Berikut dilansir dari laman msig.co.id adalah beberapa fungsi dan manfaat dari sabuk pengaman:


1. Memberikan Kenyamanan Selama Berkendara

Sabuk pengaman meningkatkan kenyamanan selama mengemudi, membantu pengendara lebih optimal dalam mengendalikan kendaraan dan mengurangi risiko kecelakaan. Teknologi sabuk pengaman kini semakin canggih, didesain untuk menambah kenyamanan saat digunakan.


2. Menahan Tubuh dan Melindungi Kepala dari Benturan

Dengan menahan posisi tubuh, sabuk pengaman membantu pengendara tetap fokus dan mengurangi risiko terlempar atau terbentur benda saat kecelakaan. Sabuk pengaman melindungi seluruh tubuh, terutama kepala, sehingga mengurangi risiko cedera serius hingga 50%.


3. Airbag Bukan Pengganti Sabuk Pengaman

Ada anggapan keliru bahwa airbag bisa menggantikan sabuk pengaman. Sebenarnya, airbag dirancang sebagai pelengkap sabuk pengaman, dan tanpa sabuk pengaman, airbag tidak akan berfungsi optimal dalam mencegah cedera.


4. Bukti Ketaatan terhadap Peraturan

Selain sebagai fitur keselamatan, penggunaan sabuk pengaman mencerminkan kepatuhan terhadap aturan. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 6, pengemudi dan penumpang di kursi depan wajib menggunakan sabuk pengaman. Pelanggaran atas aturan ini diatur dalam Pasal 289, dengan sanksi kurungan hingga satu bulan atau denda maksimal Rp250.000.


Dengan mengenakan sabuk pengaman, Anda membantu mengurangi risiko kecelakaan fatal. Selamat berkendara dengan aman!




Ilustrasi Safety Belt atau Sabuk Pengaman (Foto: Freepik)

.

Share :