Hindari Modifikasi Motor Sembarangan, Ini 5 Dampak Negatifnya pada Mesin
Kamis, 17 Oktober 2024 22:02 WIB

Merawat motor dengan baik penting agar tetap awet dan tidak mudah mogok. Selain perawatan rutin mesin, aspek lain seperti kondisi bodi juga perlu diperhatikan. Pemilik motor yang cermat biasanya merawat motornya hingga tampak seperti baru, bahkan mesinnya pun tetap bersih.

Meskipun merawat mesin motor tidak terlalu sulit jika dilakukan secara rutin, modifikasi motor sebaiknya dihindari. Modifikasi mungkin bisa meningkatkan performa, tetapi juga membawa banyak dampak negatif bagi mesin, hingga bisa merusaknya. Selain itu, biaya modifikasi tidaklah murah, dan komponen asli motor juga harus banyak diganti.


5 Bahaya Modifikasi Motor

Berikut dilansir dari laman mediaindonesia.com adalah 5 bahaya modifikasi motor:


1. Sering Mogok

Motor yang dimodifikasi sering mengalami mogok, bahkan bisa tiba-tiba mati saat berhenti di lampu merah. Hal ini terjadi karena mesin yang telah diubah tidak lagi dalam kondisi orisinal, sehingga meningkatkan risiko kegagalan performa.


2. Cepat Rusak

Modifikasi mesin membuat motor lebih cepat rusak. Mesin yang sudah diubah kapasitasnya menjadi lebih besar mungkin meningkatkan performa, tetapi hal ini mempercepat kerusakan karena beban kerja yang melebihi standar pabrik.


3. Boros Bensin

Motor modifikasi umumnya mengonsumsi bahan bakar lebih banyak. Dengan tenaga mesin yang lebih besar, kebutuhan bensin pun meningkat, bahkan terkadang memerlukan jenis bahan bakar khusus yang lebih mahal.


4. Korsleting Listrik

Mengganti komponen kelistrikan saat modifikasi bisa menyebabkan korsleting. Jika daya listrik terlalu tinggi atau terjadi kebocoran, arus pendek bisa terjadi dan berpotensi menyebabkan motor terbakar.


5. Susah Dihidupkan

Motor modifikasi sering kali sulit untuk dihidupkan. Perubahan mesin dan kelistrikan bisa membuat aki tidak mampu menghidupkan motor, sehingga pengendara harus menggunakan engkol sebagai alternatif.


Daripada mengambil risiko, lebih baik menjaga komponen motor tetap standar dan orisinal agar motor awet dan tetap nyaman digunakan.




Ilustrasi Modifikasi Motor (Foto: ArthurHidden/Freepik)

.

Share :